Sabtu, 07 Desember 2013

Pidato Tentang Rasa Kantuk di Sekolah



Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bantul,
Yang saya hormati Bapak dan ibu guru SMA Negeri 2 Bantul,
Serta teman-teman yang saya sayangi,
            Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul bersama, dengan keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan pagi ini, saya ingin menyampaikan pidato yang berjudul “Kantuk Datang Malapetaka Pun Datang”.
            Hadirin  yang berbahagia.
            Saat ini banyak siswa SMA Negeri 2 Bantul  mengalami rasa kantuk saat proses KBM berlangsung. Bahkan Hal ini tidak hanya terjadi di sekolah kita saja, banyak  pelajar di sekolah lain juga mengalami hal yang sama. Mungkin rasa kantuk itu manusiawi, semua orang pernah mengalami hal itu. Namun sebagai seorang pelajar harusnya kita memahami kewajiban pelajar itu adalah belajar dan belajar.
            Sebenarnya apa sih penyebab rasa kantuk saat proses KBM itu? Rasa kantuk saat proses KBM disebabkan oleh beberapa hal. Secara teori kantuk disebabkan otak  kekurangan gas oksigen, namun tak semua rasa kantuk yang dialami pelajar saat proses KBM, dialami karena hal ini. Hal lain yang menyebabkan kantuk adalah pelajar tidur terlau malam, kelelahan, sarapan terlalu banyak, metode pelajaran yang membosankan, dll.
            Sebelum rasa kantuk datang, kita bisa kok mencegahnya. Kita bisa sarapan secukupnya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, istirahat yang cukup, tidak tidur larut malam, fokus memperhatikan proses KBM, dan menciptakan suasana kelas yang membuat enjoy.
            Teman-teman yang berbahagia.
            “Mengantuk” mungkin hanya satu kata, namun jika pelajar mengalami hal itu saat proses KBM berlangsung, banyak dampak yang akan didapatkannya. Mulai dari dimarahi guru karena tidak memperhatikan pelajarannya, kehilangan konsentrasi, tertidur di kelas karena rasa kantuk yang sangat hebatnya, dan akhirnya akan ketinggalan pelajaran.
            Teman-teman yang berbahagia.
            Sebelum kita tertidur di kelas karena rasa kantuk yang datang tanpa undangan, kita bias kok mengatasinya. Kita bias memperhatikan teman-teman kita yang sedang mengantuk juga, tau gak kenapa? Soalnya jika kita memperhatikannya kita akan tertawa, karena wajah teman kita akan berubah drastis. Jika cara pertama belum berhasil, kita bias bercermin dan melihat wajah kita sendiri yang sangat “amburadul”. Jika cara kedua belum berhasil juga, kita bisa meyakinkan kembali niat kita, yaitu untuk menuntut ilmu, kita harus menanamkan sugesti “Saya harus mengerti materi ini!!”, serta kita harus mengingat perjuangan orangtua kita yang telah susahpayah membiayai pendidikan kita.
            Teman-teman yang saya sayangi.
            Marilah kita bercermin apakah kita telah masuk dalam kategori pelajar yang sering merasakan kantuk atau tidak. Jika kita masuk dalam kategori tersebut marilah kita membenahi diri kita, berusahalah jauhi rasa kantuk saat proses KBM, dengan cara-cara yang telah kita pelajari bersama-sama.
            Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, saya berharap siswa-siswi SMA Negeri 2 Bantul terhindar dari rasa kantuk saat proses KBM berlangsung. Jika ada
kata-kata yang tidak berkenan di hati, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatian saudara. Akhir kata Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3 komentar:

  1. what's up motherfather yoyoyoyoyo i'm a wibu i love japan and all it's culture a specially hentai

    BalasHapus
  2. If you're looking to lose fat then you have to start using this totally brand new custom keto meal plan.

    To create this service, licenced nutritionists, fitness couches, and top chefs joined together to develop keto meal plans that are efficient, decent, price-efficient, and delicious.

    Since their grand opening in 2019, thousands of clients have already remodeled their body and well-being with the benefits a smart keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones offered by the keto meal plan.

    BalasHapus